Si Gila - Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki. Hanya saja harganya yang berlipat-lipat dari jumlah gaji membuat banyak orang membertimbangkan banyak hal untuk membeli properti hunian. Sehingga tips membeli rumah patut diketahui khususnya bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya.

Membeli rumah baru maupun bekas memang membutuhkan strategi/pertimbangan supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Belum lagi dengan cara pembayaran yang berbeda, baik secara cash maupun kredit.

Selain itu, setiap tahun harga rumah terus mengalami kenaikan bahkan di era pandemi virus corona baru. Jadi kamu harus tahu kebutuhan rumah apa yang akan dibeli, entah itu rumah KPR, rumah bekas, atau membangun rumah dari awal. Supaya enggak penasaran, kami sudah merangkum beberapa tips membeli rumah baru, KPR, maupun bekas yang patut kamu pertimbangkan.

Tips Membeli Rumah Yang Baik dan Benar

Buat keluarga yang masih muda/baru biasanya akan sering bingung untuk membeli rumah karena banyaknya developer yang menyediakan jenis rumah beserta harga yang kompetitif. Supaya tidak penasaran, kamu bisa mengikuti tips membeli rumah untuk pasangan muda di bawah ini.

1. Perhatikan Kebutuhan Kelurga

kebutuhan keluarga paling penting diperhatikan sebelum membeli rumah entah dengan cara cahs/kredit. kebutuhan keluarga menjadi patokan utama dalam membeli rumah untuk ditinggali bersama keluarga.

Hal yang paling penting anda lakukan adalah berdiskusi dengan keluarga anda sebelum rumah yang mungkin akan membahas beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Berapa jumlah kamar yang dibutuhkan?
  • Apakah akan direnovasi di masa depan?
  • Apakah perlu memiliki taman yang luas?
  • Apakah perlu garasi mobil? dll
Bila sudah menemukan jawaban setelah berdiskusi bersama keluarga maka akan dengan mudah memilih rumah sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

2.