11+ Cara Mendapatkan Banyak Klien untuk Freelancer dan Agen

Mendapatkan Banyak Klien untuk Freelancer dan Agen
 

Cara Mendapatkan Banyak Klien untuk Freelancer dan Agensi - Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan lebih banyak klien, Anda bukan satu-satunya. Agensi dan pekerja lepas terus mencari cara berbeda untuk mendapatkan klien baru dan meningkatkan pendapatan mereka. Setelah Anda mengikat klien pada pengikut bulanan , Anda kemudian dapat fokus untuk memaksimalkan sumber daya Anda dan mendatangkan lebih banyak klien.

Jika Anda menginginkan lebih banyak klien, ada sejumlah teknik berbeda yang dapat Anda coba. Berikut adalah beberapa kiat terbaik untuk membantu Anda menemukan klien baru untuk biro iklan Anda yang sedang berkembang.

Mari kita lihat beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak klien.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Klien Untuk Agensi

Dalam paragraf berikut, kita akan mengeksplorasi beberapa cara sederhana untuk menemukan klien baru:

1. Temukan Niche Anda

Tidak semua lembaga memiliki sumber daya atau keahlian untuk melayani setiap industri. Kemungkinan besar, menjadi Jack-of-all-trade tidak akan memotongnya dengan klien potensial. Permintaan tinggi untuk tenaga kerja khusus, jadi persempit pilihan Anda, identifikasi ceruk yang dapat Anda puaskan, dan patuhi itu. Jika Anda ingin mempelajari cara mendapatkan lebih banyak klien, Anda harus mempersempit fokus Anda.

Anda dapat menentukan ceruk pasar Anda dalam hal pasar tempat Anda ingin menjual layanan Anda, seperti perusahaan rintisan, e-niaga, perawatan kesehatan, atau organisasi nirlaba. Atau, bisa dalam hal layanan yang Anda berikan. Misalnya, beberapa agensi mengkhususkan diri dalam desain web . Lainnya mengkhususkan diri terutama dalam layanan tambahan seperti pemasaran konten. Berikut ini contoh dari iSynergy :


Fokus utama mereka adalah pemasaran konten, dan situs web mereka juga mencerminkan hal itu. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menemukan klien yang relevan dengan niche Anda, penting bagi Anda untuk menyesuaikan situs web Anda untuk mencerminkan hal ini.

2. Ketahui Apa yang Diinginkan Klien Anda

Konten blog Anda dapat membuat dampak besar pada audiens Anda. Jika Anda terus-menerus mencari kiat tentang cara mendapatkan lebih banyak klien, Anda mungkin ingin memperbaikinya dengan menawarkan nilai. Jadi, pastikan Anda mengembangkan konten non-spam yang menurut klien Anda cukup menarik untuk dibaca.

Fokus pada memberikan nilai dalam konten Anda.

Misalnya, jika Anda seorang desainer web yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan klien desain web, Anda mungkin ingin mencoba menulis artikel tentang bagaimana pembaca dapat mengidentifikasi elemen desain yang baik untuk mendukung struktur halaman mereka. Atau Anda dapat membuat daftar artikel di berbagai alat desain web yang digunakan agensi Anda untuk merampingkan pekerjaannya untuk klien. Jika Anda seorang copywriter, Anda dapat berbicara tentang bagaimana pembaca dapat memastikan nada suara dalam komunikasi mereka sesuai dengan nilai merek mereka.

Ini seperti penjualan tidak langsung. Masih bingung bagaimana cara mendapatkan klien? Mulailah berpikir seperti itu.

Anda juga dapat membuat peta jalan untuk perjalanan pembelian klien Anda. Berikut ini contohnya:


3. Manfaatkan Bukti Sosial

Ulasan dan testimoni pelanggan dapat secara dramatis meningkatkan kepercayaan agensi digital Anda. Ulasan asli mencerminkan keaslian dukungan klien Anda, melalui koleksi umpan balik yang efisien akan membantu Anda menjadi komunikator yang lebih baik.

Ketika mereka bingung bagaimana mendapatkan lebih banyak klien, banyak agensi memulai dengan memposting testimonial dan bukti sosial tentang pekerjaan mereka.

Lihat ulasan agensi ini tentang SmashBrand :


Posting testimonial di profil media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter, untuk mempromosikan pekerjaan Anda dan memberikan alasan kepada klien potensial untuk memilih Anda. Manfaatkan bukti sosial untuk berhasil dalam industri yang sangat kompetitif.

4. Manfaatkan Jaringan Anda

Menyelesaikan proyek dengan sukses? Mintalah rujukan . Tawarkan klien rujukan jika mereka membawa klien lain. Memanfaatkan jaringan Anda memungkinkan Anda memperluas wawasan Anda.

Promosikan konten dan layanan Anda di platform media sosial, terutama yang profesional seperti LinkedIn. Orang-orang secara aktif mencari untuk terhubung dengan penyedia layanan di platform tersebut, jadi gunakan ini untuk keuntungan Anda.

Jika Anda telah melihat tips tentang cara mendapatkan lebih banyak klien yang relevan dengan niche Anda, mengabaikan LinkedIn adalah ide yang buruk. Ini adalah salah satu jaringan paling populer untuk para profesional. Belajarlah untuk menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Misalnya, jika Anda menulis posting, bagikan di LinkedIn. Promosikan penawaran Anda di berbagai platform, dan beri tahu klien Anda bahwa jika mereka membawa seseorang yang baru, mereka akan diberi imbalan karenanya.


Gunakan kontak profesional Anda untuk memaksimalkan jangkauan dan visibilitas merek Anda. Berpartisipasilah dalam diskusi kelompok dan tentukan klien ideal Anda menurut industri, perusahaan, dan lokasi menggunakan akun LinkedIn Premium. Jadi, jika agensi Anda menargetkan perusahaan rintisan, jelajahi dan bergabunglah dengan grup terkait dan mulai percakapan dengan anggota. Misalnya, Jika seseorang menginginkan pengetahuan tentang cara mendapatkan klien desain web, tawarkan saran yang tidak memihak dan bantu mereka mencari solusi. Ini adalah bagaimana Anda membangun kepercayaan.

Setelah Anda melihat bahwa anggota menunjukkan minat, tambahkan mereka ke daftar prospek Anda dan kemudian ajukan mereka.

5. Gunakan Posting Tamu Untuk Keuntungan Anda

Anda dapat menarik lebih banyak perhatian dan perayap Google dengan memposting daftar artikel, dan panduan langkah demi langkah yang mendetail tentang keberhasilan dan strategi kampanye Anda di grup dan forum.

Blogging tamu adalah taktik umum yang digunakan pemasar agensi untuk menonjol dari pesaing mereka. Ambil contoh Syed Irfan Ajmal, Managing Director dari agensi kreatif Digital Marketing ROI yang berbasis di Inggris. Artikel SEMrush-nya tentang pencapaian pendapatan $200K untuk kliennya dirancang untuk mempromosikan solusi pemasaran masuk agensinya.


Perhatikan bagaimana penulis memilih SEMrush untuk posting tamunya. Ini adalah situs web yang dibaca oleh pengusaha dan pemilik usaha kecil yang cukup tertarik untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web mereka. Dengan kata lain, artikel tersebut cocok dengan audiens target agensi.

Untuk memastikan posting tamu Anda berkinerja baik dan dibaca oleh orang yang tepat, Anda harus memilih situs web niche yang tepat. Untuk ini, ketik inurl: "kata kunci" + "tulis untuk kami". Jika Anda ingin menulis posting tamu di 'pengembangan web', gunakan kueri berikut:


Tips dan trik lain untuk membuat posting blog tamu Anda menonjol mungkin termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Menulis panduan, daftar, atau kisah sukses
  • Menggunakan angka dan angka yang menarik dalam judul Anda
  • Menggunakan visual yang kuat dalam spanduk artikel
  • Menggunakan konten visual untuk meningkatkan keterbacaan dan melibatkan orang
  • Menggunakan ajakan bertindak yang kuat ke situs web Anda atau berupaya membuat halaman arahan dengan konversi tinggi

6. Bekerja untuk Mengembangkan Kemitraan Strategis


Beberapa pemilik bisnis khawatir tentang bagaimana kemitraan strategis dapat memengaruhi hubungan klien atau strategi manajemen klien mereka . Tetapi Anda hanya sebaik kemitraan dan jaringan yang Anda buat. Dengan mengembangkan kemitraan strategis dengan perusahaan yang tidak beroperasi di sektor Anda, Anda memudahkan untuk menemukan klien baru untuk agensi Anda.

Misalnya, jika biro iklan Anda menawarkan layanan pengembangan web, bangun kemitraan strategis dengan pemasaran konten atau penyedia hosting. Dengan cara ini, jika salah satu klien mereka memerlukan pengembangan web atau layanan terkait desain, nama Anda akan menjadi nama pertama yang mereka sarankan kepada klien.

Ini bekerja dua arah. Mitra strategis Anda akan mengarahkan klien ke arah Anda, tetapi mereka akan mengharapkan Anda melakukan hal yang sama. Ini adalah situasi win-win bagi kedua belah pihak.

Kemitraan strategis dapat membantu Anda mendapatkan klien baru. Cobalah untuk bermitra dengan agensi yang tidak bersaing di vertikal terpisah, lalu targetkan audiens mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan klien baru dan memasuki pasar yang berbeda.

7. Minta Testimonial


Anda perlu secara aktif meminta testimonial dan ulasan dari klien Anda. Mengapa? Yah, tidak jarang menemukan testimonial sponsor atau palsu dari klien untuk agensi di situs ulasan. Jika Anda berharap untuk menarik klien dari situs web semacam itu, membangun reputasi yang baik adalah tugas yang berat. Untuk alasan ini, kredibilitas paling penting.

Berikut adalah beberapa platform umum di mana pelanggan dapat meninggalkan ulasan untuk layanan Anda..

1. HubSpot


Dengan lebih dari 500 cantuman, HubSpot memberikan pengaruh penuh kepada agensi mitranya dalam hal ulasan. Berikut contoh SmartBug Media :


2. Loomis Agency


Ini adalah direktori agensi yang sangat baik dengan hampir 15.000 agensi tipe layanan. Di bawah ini adalah contoh halaman review Loomis Agency . Perhatikan bagaimana ini menunjukkan peringkat keseluruhan di sebelah kanan dalam hal kreativitas, kualitas, dan metrik lainnya.


3. Clutch.co


Clutch.co adalah salah satu agregator ulasan terbesar. Ini adalah direktori agensi yang dapat Anda gunakan untuk menemukan ulasan komprehensif tentang agensi mana pun. Banyak orang menggunakan Clutch.co untuk menemukan perusahaan yang cocok untuk proyek mereka berikutnya. Berikut tampilan halaman agensi di Clutch.co:


4. Unspun


Direktori agensi luar biasa lainnya yang mungkin ingin Anda daftarkan adalah Unspun. Unspun kategori agensi berdasarkan lokasi mereka, yang membantu pencari menyegmentasikan audiens mereka. Ini secara otomatis meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pertanyaan serius dari prospek yang tertarik.


8. Tingkatkan Email Dingin Anda


Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan klien untuk pemasaran digital? Anda mungkin ingin mencoba email dingin. Email dingin dapat mengakibatkan lembar tugas kosong, diisi dengan pekerjaan selama akhir pekan. Tetapi cara Anda menulis email itu memainkan peran utama.

Anda dapat meningkatkan keterampilan menulis email dingin Anda dengan menonton banyak video yang tersedia secara online atau dengan melakukan kursus online. Mengirim email yang dirancang dengan hati-hati akan menghasilkan tingkat terbuka yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang konversi yang berhasil.



Sama pentingnya dengan menulis email yang baik, melacak kinerjanya juga sangat penting. Karena itu, terus periksa hasilnya. Buat daftar semua tujuan yang ingin Anda capai melalui email tersebut dan nilai kinerjanya.

9. Bangun Situs Web yang Menarik


Bingung bagaimana cara mendapatkan klien untuk digital marketing? Sudahkah Anda mencoba membuat situs web yang menarik?

Pertama dan terpenting, pastikan situs web Anda tentang klien Anda, dan nilai yang akan mereka dapatkan dari agensi Anda. Soroti kisah sukses Anda dan jenis hasil yang telah dicapai tim Anda di masa lalu.


Kedua, pamerkan portofolio Anda di situs web Anda. Ini akan menciptakan kredibilitas dan menghasilkan rasa percaya pada pekerjaan Anda. Anda juga dapat mengunggah studi kasus, untuk lebih memperkuat klaim keahlian industri Anda. Membuat halaman Temui Tim yang layak juga merupakan ide bagus untuk agensi yang ingin membuat situs web mereka lebih menarik.

10. Tawarkan Diskon Referensi


Menawarkan diskon rujukan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan klien baru. Yang harus Anda lakukan adalah menawarkan diskon rujukan kepada pelanggan yang membawa orang lain ke dalam bisnis. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon kepada klien yang sudah ada untuk merujuk Anda ke klien baru. Untuk setiap rujukan yang berhasil, Anda juga dapat menawarkan diskon kepada klien baru yang Anda ikuti.

Menetapkan program rujukan yang terperinci adalah cara yang bagus untuk memotivasi klien yang sudah ada untuk membawa klien baru ke meja. Berikut adalah contoh dari JFR Staffing, sebuah perusahaan yang terutama berfokus pada layanan rekrutmen:


Seperti yang Anda lihat, mereka dengan jelas merinci diskon dan syarat dan ketentuan, sehingga memudahkan setiap klien untuk mengetahui dengan tepat apa yang mereka dapatkan, dan syarat dan ketentuan yang harus mereka penuhi untuk mencapai manfaat ini. Berikut statistik yang menarik: pelanggan yang diperoleh melalui rujukan memiliki tingkat retensi 37% lebih besar , dan Anda bisa mendapatkan keuntungan 16% lebih banyak jika Anda mendatangkan pelanggan yang dirujuk.

11. Double Down di Media Sosial


Pertumbuhan media sosial berarti Anda tidak bisa mengabaikannya sebagai tempat untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan pelanggan. Jika Anda belum memiliki kehadiran Facebook, sekarang mungkin waktu yang tepat untuk memulai. Buat profil Twitter, Facebook, dan LinkedIn Anda, dan mulai dengan memposting penawaran.

Anda perlu secara teratur memposting konten baru di profil media sosial Anda, terutama konten otoritatif yang menghasilkan nilai, untuk mendapatkan lebih banyak prospek. Anda sekarang juga dapat membuat tombol untuk mengadakan konsultasi atau mengatur pertemuan dengan klien baru melalui Facebook atau platform lain seperti LinkedIn.

Bagaimana Agen Pemasaran, Pengembangan, dan Desain Teratas Menemukan Klien?


Mengapa tidak mengajukan pertanyaan kepada ahlinya secara langsung. Lihat tanggapan dari CEO agensi, pemasar, dan pengembang yang telah berhasil memenangkan lebih banyak klien daripada pesaing mereka. Faktanya adalah bahwa mereka 'telah berada di sana dan melakukan itu.'

1. Buat Sumber Daya Unik dan Asli

Saya tidak akan memberikan jawaban tipikal untuk faktor-faktor yang efektif seperti SEO, PPC, jaringan, dan sebagainya. Tapi, tip ceruk yang lebih spesifik tentang apa yang berhasil bagi saya.

Salah satu hal paling sukses yang telah kami lakukan selama bertahun-tahun adalah menciptakan sumber daya yang akan berguna bagi calon pelanggan kami. Dengan membantu, dan dengan memberikan sesuatu secara gratis, kami telah memulai hubungan yang dapat dipercaya yang biasanya tidak kami dapatkan.

Sebagai contoh, kami telah menyediakan sumber daya tentang 'apa yang harus dilakukan ketika situs web sedang down?' Peringkat sumber daya di tiga hasil teratas dan membantu orang mendiagnosis dan memperbaiki masalah penghentian situs web. Ini telah membantu kami mendapatkan banyak lalu lintas, tetapi pemenang sebenarnya adalah ajakan bertindak kami: Bantuan Gratis Dalam Mendapatkan Cadangan Situs Web Anda.

Ketika seseorang membutuhkan bantuan, kami menawarkan bantuan gratis tanpa pamrih. Tidak ada penjualan keras, tidak ada persyaratan yang harus dipenuhi pengunjung, atau taktik tekanan lainnya. Kami benar-benar membantu mereka secara gratis dan pada gilirannya, membangun hubungan.

2. Membangun Reputasi di Komunitas Lokal

Salah satu cara untuk mendapatkan klien adalah dengan terlibat dalam grup Facebook untuk pengusaha. Bergabung dengan grup Facebook lokal adalah cara cepat untuk membangun koneksi pribadi dan membangun kepercayaan. Dengan cara ini, Anda dapat menawarkan layanan desain web Anda dengan cara yang “kurang menjual”. Cukup tunjukkan hasil yang telah Anda tunjukkan kepada klien lain dalam grup, dan orang yang tertarik akan menghubungi Anda.

3. Tawarkan Konsultasi Gratis


Pemasaran konten telah membantu kami mendapatkan desain web dan pengembangan web yang hebat, klien. Sebagian besar klien kami telah menemukan kami melalui blog atau posting media sosial yang membahas titik-titik nyeri tertentu di ceruk pasar mereka. Kami juga telah menarik klien web dengan menawarkan konsultasi gratis tentang situs web mereka.

4. Temukan Prospek di Media Sosial


Lalu lintas organik adalah salah satu cara terbaik untuk membangkitkan minat di perusahaan Anda. Namun, daya saing peringkat di Google dapat menjadi luar biasa untuk situs web baru. Di situlah media sosial dan jaringan interpersonal datang untuk membantu.

Anda harus mulai menjangkau orang yang Anda kenal secara pribadi terlebih dahulu. Ini termasuk semua orang dengan koneksi bisnis atau bisnis yang mungkin membutuhkan layanan Anda. Media sosial adalah tempat terbaik berikutnya untuk mencari prospek. 

Anda biasanya dapat memamerkan kualitas pekerjaan Anda kepada audiens yang besar dengan sedikit usaha; jadi prospek sosial adalah cara yang fantastis untuk menemukan klien.

5. Membangun Hubungan Dengan Agen dan Perusahaan Lain


Ada banyak strategi akuisisi yang solid dan corong untuk agensi web seperti pencarian, email, PPC, dan lainnya, untuk menarik lebih banyak klien. Bagi kami, strategi akuisisi yang paling efektif berkisar pada kemitraan dan rujukan; khususnya dari agen dan perusahaan lain yang tidak cukup dalam kisaran harga atau vertikal kami. Kami telah menginvestasikan waktu dan sumber daya ke dalam hubungan ini, dan secara teratur melihat pengembalian.

Kenyataannya adalah bahwa banyak agen web memiliki ceruk vertikal dan kisaran harga tertentu. Agensi ini sering melakukan banyak percakapan dengan prospek yang tidak sesuai dengan profil ideal mereka. Jika mereka tahu profil ideal kita, dan kita memiliki hubungan yang kuat, mudah bagi mereka untuk mengirim prospek ke arah kita.

Kesimpulan


Pencarian untuk menemukan cara baru untuk mendapatkan lebih banyak klien dan mengembangkan bisnis Anda tidak pernah berakhir. Ini adalah perjalanan yang berkelanjutan. Semoga, langkah-langkah yang disebutkan dalam panduan ini akan membantu banyak agensi untuk membuat jejak yang kuat untuk menemukan klien baru dan lebih banyak lagi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan


Q1. Bagaimana saya bisa mendapatkan klien dengan cepat?


Mendapatkan klien dengan cepat adalah masalah penerapan kampanye penjualan berkinerja tinggi dan memastikan bahwa calon pelanggan dapat melihat proposisi nilai dalam layanan Anda.

Q2. Bagaimana cara mendapatkan klien untuk bisnis saya?


Anda bisa mendapatkan klien dengan menerapkan saluran penjualan yang tepat, menjalankan kampanye bertarget, dan menawarkan layanan hebat dengan harga pasar yang kompetitif.

Q3. Bagaimana Anda menemukan klien besar?


Ada beberapa cara untuk mendapatkan klien besar:

  • Mulailah menawarkan konten yang berwibawa dan berkualitas
  • Tingkatkan urutan email dingin Anda
  • Manfaatkan bukti sosial
  • Manfaatkan jaringan Anda untuk mendapatkan "masuk"
  • Gunakan posting tamu untuk memaksimalkan keuntungan Anda
  • Bangun situs web yang lebih menarik dan menarik
  • Gunakan media sosial untuk keuntungan Anda

Q4. Bagaimana cara mendapatkan klien pertama saya?


Ada beberapa cara untuk mendapatkan klien pertama Anda:

  • Miliki situs web yang unik dan dirancang dengan baik
  • Kirim posting tamu secara teratur
  • Bekerja pada pengembangan kemitraan strategis dengan bisnis lain
  • Fokus pada satu ceruk
  • Tawarkan layanan pertama Anda tanpa biaya
( Rahani )