-->
10+ Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

10+ Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog


Cara Menghasilkan Uang Dari Blog - Penghasilan blogger bisa datang dari mana saja, semua tergantung dari sang blogger. Kalau malas-malasan, ya tidak dapat uang. Makanya jangan takut untuk mencoba agar kamu bisa menghasilkan uang dari blog.

Penghasilan dari ngeblog datang dari iklan, dari kerjasana dengan berbagai vendor dan dari lomba blog yang diselenggarakan setiap bulannya oleh berbagai perusahaan. Jadi, intinya penghasilan blogger itu bebas dan tidak terukur.

Dari sekian banyak jalan untuk menghasilkan uang dari ngeblog, ada beberapa yang sudah saya rasakan. Berikut ini adalah beberapa sumber Penghasilan blogger yang sudah pernah saya rasakan

Apakah menjadi seorang blogger bisa menghasilkan uang?


Jawabannya sangat bisa menghasilkan uang dari blog, seperti halnya Youtube, postingan bloggger juga bisa di monetisasi dengan iklan dari google adsense. 

Jika konten yang dibuat di youtube dalam bentuk Video, konten blogger berbentuk artikel yang dilengkapi dengan beberapa gambar. 

Itu saja bedanya, tetapi sekarang ini youtube lebih populer karena banyak banget konten kreator yang menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta dari hasil youtube.

Berapa gaji seorang blogger?


Tidak jauh berbeda dengan gaji seorang youtuber, karena sama-sama mendapatkan bayaran dari google adsense. Jika blogger perhitungan gaji dari berapa iklan yang tayang, blogger lebih di dominasi oleh tawaran klik iklan dari google adsense. 

Bayaran per iklan atau yang biasa disebut CPC (Cost Per Click) pun berbeda-beda. Untuk di Indonesia paling kecil di kisaran puluhan sampai ratusan rupiah saja. 

Tapi jangan khawatir, ada juga bayaran klik iklan hingga puluhan ribu rupiah dari satu kali klik iklan saja pada kategori atau keyword tertentu yang bisa kalian baca pada artikel saya dibawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Satu hal yang harus Anda yakini bahwa semua blogger bisa menghasilkan uang dari blog. Aktivitas blogging bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, meskipun Anda masih pemula.

Secara garis besar, langkah-langkah berikut ini alur daripada bagaimana cara menghasilkan uang dari blog:

  • Membuat blog dengan platform Blogging terbaik.
  • Membangun konten blog yang spesifik, berkualitas, dan menarik.
  • Mendapatkan trafik, baik dari search engine maupun media sosial.
  • Membangun dan menjaga kepercayaan audiens blog Anda.
  • Memilih cara monetisasi blog.

Nah itu diatas adalah langkah-langkah memulai blogging sehingga kalian bisa menghasilkan uang dari adsense melalui blog kalian ya guys..

Itu yang sering saling bersaing para blogger untuk menghasilkan uang di blog mereka masing-masing. Sayangnya, tidak semudah itu untuk menghasilkan uang dari blog ya guys..

Ya, meskipun bisa dibilang sangat mudah. Akan tetapi tidak semudah ungakapan ya kan.

Para suhu yang sudah sukses pun, mereka berpesan bahwa fokus pada blog, kemudian kembangkan blog tersebut, perbanyak tulisan original hasil tulisan sendiri. Kemudian uangkan dengan layanan iklan yang ada seperti adsense, mgid, adstera dll.

Atau kita bisa berjualan barang fisik melalui blog kita agar kita dapat memeperoleh penghasilan dari blog.

Memang, ada beberapa blogger yang bisa menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat. Namun, umumnya blogger baru mulai menghasilkan setelah 6 bulan atau lebih. Bahkan ada juga yang baru menghasilkan setelah 1-2 tahun.

Dan hal itu jujur saya alami sendiri. Saya mulai merasakan berpenghasilan dari blog itu beberapa tahun yang lalu tepatnya 2019 bulan November..

Sampai di sini, apakah Anda masih tetap ingin menjadi blogger? Atau Anda mendadak migrain?

Kalau masih tertarik ingin mendapatkan uang dari blog, silahkan lanjut membaca.

1. Membuat Blog dengan Platform Terbaik

Langkah awal agar bisa mendapatkan uang dari blog adalah membuat blog itu sendiri. Ada banyak platform blogging yang bisa Anda gunakan.

Beberapa platform blogging tersebut di antaranya; Blogger, WordPress, Drupal, dan Joomla.

Apa platform blogging terbaik saat ini?

Setiap platform blogging punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, saya pribadi menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress atau blogger.

Tentu saja ini bukan hanya pendapat saya pribadi. Seluruh dunia sudah mengakui bahwa WordPress dan blogger merupakan platform terbaik untuk blogging.

Kenapa saya pilih kedua platfrom ini untuk membuat blog pribadi.

Blogger

  • Tidak perlu beli hosting alias gratis dari google
  • Kalian cukup beli domain saja
  • Pengolahan blog yang mudah
  • Cocok untuk pemula
  • Adsense mudah diterima

Wordpress

  • Membutuhkan biaya hosting dan domain
  • Pengolahan mudah tapi agak rumit 
  • Tidak cocok untuk pemula
  • Adsense mudah diterima

2. Membangun Konten Blog

Membuat blog dengan platform WordPress atau blogger adalah langkah awal yang baik. Selanjutnya, blog Anda tentu harus diisi dengan konten.

Karena pada dasarnya, anda membuat blog itu artinya anda sudah siap menulis demi mengembangkan blog anda.

Jika anda adalah orang yang agak malas-malasan atau kurang paham dalam penulisan artikel. Mungkin anda bisa menyewa seseorang untuk mengelolah blog anda.

Dan tentu saja ini membutuhkan biaaya yang tidak sedikit jika dihitung dengan modal awalnya yaitu biaya domain dan hosting diawal..

Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang, maka anda bisa menulis artikel di blog anda. Anda tidak perlu menulis artikel SEO Freendly. Cukup anda mmebuat tulisan sederhana saja.

Semakin anda fokus menulis di blog anda, semakin anda paham bagaimana cara menulis artikel SEO freendly yang baik.

Dan juga anda juga akan paham bagaimana masukan keyword utama dan keyword turunan dalam artikel anda. Dan hal ini tentu akan bersaing di halaman penelusuran google peringkat pertama.

Apabila anda bingun bagaimana cara menulis artikel SEO di blog anda, mungkin langkah-lamgkah berikut ini akan membantu mendapatkan ide menulis artikel untuk blog anda:

Lalu, bagaimana cara menemukan ide artikel?

  • Pertama, temukan beberapa website atau blog lain yang membahas topik yang sama dengan ceruk blog Anda. Anda bisa menulis ulang artikel dari blog lain dengan mengambil sudut pandang yang berbeda. Sebenarnya tidak masalah membahas topik yang sama. Namun, pastikan artikel Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dari artikel orang lain.
  • Kedua, buat judul artikel yang kreatif dan unik. Judul sering menjadi penentu apakah seseorang akan membuka dan membaca artikel Anda. Jadi pastikan judul artikel Anda membuat orang lain tertarik untuk membaca isi artikelnya.
  • Ketiga, menambahkan media visual ke dalam artikel. Media visual tersebut bisa dalam bentuk gambar, foto, infografik, ilustrasi, atau video. Meskipun itu hanya sebagai dekorasi, gambar dalam artikel bisa membuat artikel menjadi lebih eye catching dan menarik untuk dibaca.

3. Cara meningkatkan Trafik Organik


Sebuah blog tidak akan menghasilkan uang dari blog tanpa ada trafik. Jadi meskipun artikel anda sudah banyak, akan tetapi visitor atau trafik masih bisa dihitung dengan jari. Anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog anda..

Disinilah tantangan sebenarnya yang sering dialami oleh para blogger termasuk saya heheh. ketika di blog tidak ada pengunjung, maka kita jadi malas menulis sehingga semangat menulisnya pun semakin hari semakin pudar..

Jika boleh, mungkin cara berikut ini bisa memaksimalkan bagaimana cara mendapatkan trafik dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan trafik? Ada dua sumber trafik yang bisa kita manfaatkan, yaitu; melalui mesin pencari dan media sosial.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan trafik dengan mudah:

1. Mengoptimasi Blog dari Sisi SEO


Jika Anda belum tahu, SEO (search engine optimization) adalah upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari Google.

Jadi, ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di Google hasilnya akan menampilkan blog Anda di halaman pertama. Dengan begitu, maka peluang mendapatkan trafik organik dari Google akan semakin besar.

Proses optimasi tersebut mencakup pemilihan kata kunci, konten yang berkualitas, dan backlinks. Selengkapnya, silahkan baca artikel saya yang membahas tentang elemen utama dalam SEO.

2. Mempromosikan Blog di Media Sosial


Sekarang ini jamannya media sosial. Semua bisnis sudah memanfaatkannya untuk menjaring trafik ke bisnis mereka.

Ada banyak media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk mendulang trafik, di antaranya; Facebook, YouTube, Instagram, Pinterest, dan Twitter.

Lalu, media sosial apa yang terbaik untuk mendapatkan trafik?

Tergantung jenis konten blog Anda. Tapi menurut pengalaman saya, Facebook dan YouTube merupakan sumber trafik yang paling efektif.

Perhatikan juga waktu dalam memposting konten di media sosial. Sebagai gambaran, Anda bisa membaca artikel saya yang membahas tentang waktu terbaik posting di media sosial.

4. Menjaga Kepercayaan Pembaca


Membuat blog itu mudah, semua orang bisa. Membuat dan memposting artikel yang berkualitas pun bisa dilakukan oleh siapa saja.

Hal tersulit bagi para blogger biasanya adalah mempertahankan konsistensi membuat artikel berkualitas secara rutin. Dalam hal ini, sulit berarti Anda bisa melakukannya.

Selain itu, mempertahankan kualitas konten secara konsisten pun pada akan menjaga kepercayaan dari pembaca blog Anda.

Menjaga kepercayaan pembaca juga bisa dilakukan dengan memperbaiki kekurangan blog Anda secara keseluruhan. Anda bisa meminta feedback, kritik, dan saran dari pembaca sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki blog Anda.

Butuh waktu dan kerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Dan dibutuhkan konsistensi untuk menjaga kepercayaan tersebut.

5. Menentukan Cara Monetisasi Blog


Kebanyakan blogger pasti akan menyebut “Google Adsense” sebagai metode monetisasi. Namun, sebenarnya ada banyak metode lain untuk memonetisasi konten di blog Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang pernah dan masih saya lakukan.

1. Menghasilkan Uang dari Blog dengan Affiliate Marketing


Salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang saya dan banyak blogger lakukan adalah mengikuti program afiliasi.

Konsepnya sederhana. Anda mendaftar menjadi pemasar afiliasi, Anda mendapatkan kode afiliasi, pasang kode afiliasi di blog, setiap kali ada penjualan dari link afiliasi maka Anda akan mendapatkan komisi.

Perhatikan, program afiliasi yang Anda ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang Anda bangun. Hal ini penting untuk mempermudah mendapatkan calon konsumen potensial.

Jika blog Anda membahas tentang blogging, maka program affiliasi yang diikuti harus berhubungan dengan topik ini.

Misalnya blog Anda membahas tentang WordPress, blogging, hosting, dan topik terkait, maka memasarkan hosting dan domain merupakan program afiliasi terbaik yang bisa Anda ikuti.

2. Sumber Penghasilan Blog dari Ruang Iklan


Ruang iklan yang dimaksud di sini adalah spot iklan untuk banner. Biasanya spot iklan ini ada di bagian side bar atau halaman artikel blog.

Biasanya blog yang memiliki trafik tinggi mudah mendapatkan pengiklan potensial. Tapi tidak selalu begitu. Blog minim trafik pun bisa saja mendapatkan penawaran memasang iklan.

Pengiklan biasanya memperhatikan topik utama dari sebuah blog. Kalau topik blognya masih relate dengan bisnisnya baru pengiklan mempertimbangkan untuk beriklan di blog itu.

Misalnya topik website Anda tentang blogging, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk hosting, domain, dan yang berhubungan dengan niche tersebut. 

3. Sumber Penghasilan Blog dari Menjual Jasa atau Produk


Anda bisa menjual jasa atau produk sendiri melalui blog. Artinya Anda punya produk atau jasa yang ingin ditawarkan ke para pembaca blog Anda.

Saya pernah menemukan blog yang dibuat dengan secara kreatif. Di blog tersebut si blogger menulis tentang pekerjaannya sehari-hari, termasuk keahliannya pada suatu bidang.

Blog seperti ini sering kita temukan ya.

Nah, si pemilik blog tersebut menjual produk dan jasanya kepada para pembaca blognya. Selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut.

Sangat kreatif.

Perhatikan, jika Anda ingin menawarkan jasa kepada pembaca maka pastikan jasa tersebut berhubungan dengan topik blog Anda.

Misalnya, blog Anda membahas tentang blogging maka jasa yang bisa Anda jual; jasa membuat blog, jasa menulis artikel tentang blogging, jasa optimasi blog, dan jasa terkait lainnya.

4. Sumber Penghasilan Blog dari Artikel Sponsor atau Endorsement


Ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang banyak dilakukan oleh blogger, termasuk saya. Artikel sponsor atau endorsement ini biasanya disebut dengan Paid for Review.

Ada banyak lho pebisnis yang ingin produk atau bisnisnya diulas di blog orang lain. Biasanya mereka bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel ulasan.

Selain itu, ada juga permintaan guest post dari website lain untuk mendapatkan backlink. Biasanya ini dilakukan oleh mereka yang sedang melakukan kampanye SEO.

Berdasarkan pengalaman saya, artikel ulasan bisa dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 1,5 juta per artikel.

Namun angka tersebut jangan dijadikan patokan ya karena pengiklan biasanya punya pertimbangan soal harga. Misalnya, topik website, trafik website, skor SEO website, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan pengiklan artikel sponsor?

Saya kurang tahu pengalaman blogger lain. Tapi dari pengalaman saya, pihak pengiklan yang selalu menghubungi saya via email.

Bila Anda ingin segera mendapatkan calon pengiklan, tidak ada salahnya mencoba mendaftar di marketplace seperti Rajabacklink.com.

5. Sumber Penghasilan Blog dari Google Adsense

Menjadi publisher Google Adsense merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang paling banyak dilakukan oleh para blogger.

Google Adsense adalah program periklanan, di mana blogger bisa mendapatkan uang dari iklan yang tayang di blog miliknya.

Penghasilan publisher didapatkan dari klik iklan dan jumlah tayangan Adsense di blog. Tapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri ya karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

Google Adsense terkesan sangat menjanjikan untuk para blogger. Blogger tidak perlu repot mencari pengiklan, cukup fokus membuat artikel dan meningkatkan jumlah pembacanya.

Sayangnya, klik iklan di blog berbahasa Indonesia ternyata nilainya sangat kecil. Sejauh pengalaman saya, per klik iklan Adsense hanya menghasilkan $0,04 – $0,08.

Mengecewakan, tapi mau tak mau harus diterima.

Google Adsense sangat tidak cocok untuk blog yang trafiknya masih tanggung. Selain penghasilnya kecil, Anda juga bisa kehilangan potensi penghasilan lain yang mungkin lebih besar dari Adsense.

Agar bisa menikmati uang dari Adsense maka blog Anda WAJIB punya trafik yang besar. Tapi itu pun masih tergantung topik atau ceruk blog Anda.

6. Menghasilkan Uang dengan Menjual Blog


Ini adalah cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blog yang bisa Anda lakukan.

Saya pernah menjual dua blog afiliasi Amazon dengan harga $1000 per blog. Kenapa dijual? Karena saya tidak sanggup mengelolanya.

Memang terasa berat menjual blog yang sudah kita bangun dengan susah payah. Tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu mengelola blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.

Bagaimana cara menjual blog? Di mana tempat terbaik untuk menjual blog Anda?

Saya tidak punya jawaban akurat untuk pertanyaan ini. Karena waktu itu saya menjualnya melalui broker perorangan dan mungkin sudah tidak beroperasi lagi sekarang.

Tapi, Anda bisa mencoba menjual blog di forum komunitas publisher Indonesia, Ads.id. Di forum ini saya sering melihat orang yang menjual blognya.

Pastikan Anda sudah menyiapkan data-data blog sebelum memposting jualan blog Anda di sana. Mulai dari nama domain, spesifikasi hosting, trafik per bulan, penghasilan per bulan, dan informasi lain yang diperlukan.

Contoh Blog yang Menghasilkan Uang


Sebenarnya menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang baru. Blogging merupakan salah satu ide bisnis online yang cukup menjanjikan. Blogger Indonesia banyak yang sudah membuktikannya dan punya penghasilan rutin dari blog.

Namun, artikel ini kurang lengkap bila tidak disertai beberapa contoh blog yang menghasilkan uang.

Jika ingin membaca referensi tentang contoh blog yang menghasilkan uang dan terbukti sukses, kalian dapat baca di artikel ini: 9 Contoh Blog Yang Menghasikan Uang dan Sukses

Kesimpulan

Jadi bagaimana menurut kalian tentang artikel kali ini. Ingat ya sobat, tidak ada hal yang tidak mungkin sebelum mencoba dan berusaha..

Setiap manusia memiliki nasib yang berbeda-beda sehingga jangan pernah takut untuk mencoba ya guys. Siapa tau nasib kalian melalui blogger dan kalian bisa sukses di blog.

Inti dari tulisan ini adalah tidak ada salahnya mencoba dan bekerja keras untuk menggali potensi yang ada, hasil sukses dan gagal itu urusan belakangan yang paling penting adalah mencoba untuk menghasilkan uang dari blog..

Semoga buat blogger pemula yang baru terjun dalam dunia blogging, mimin doakan semoga kalian konsisten membangun blog kalian ya guys.

( Rahani )


0 Response to "10+ Cara Menghasilkan Uang Dari Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel