Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7+ Cara Membuat Bingkai Foto Dari Bahan Bekas

Membuat Bingkai Foto Dari Bahan Bekas
 

Cara membuat bingkai foto dengan mudah - Kira-kira kalian pernah membayangkan bagaimana mempercantik bingkai foto dari alat dan bahan yang sederhana, nah kebetuluan ini diartikel kali ini mimin akan memberikan cara membuat bingkai foto dari kardus bekas dengan mudah. Dalam membuat bingkai foto dengan cara ini tentu tidak menyita banyak waktu sehingga dengan mudah kita membuatnya sendiri.

Bingkai foto merupakan hasil karya seni rupa yang berwujud tiga dimensi. Hal tersebut karena bingkai foto tersusun atas tiga dimensi, yaitu panjang (panjang bingkai foto ), tinggi (tinggi bingkai foto ), dan lebar ( ketebalan bingkai foto ).

Smentara nama bingkai foto atau pigura merupakan salah satu benda untuk memajang foto kenangan berbagai momen penting agar terlihat semakin menarik.

Itulah sebabnya bingkai foto dibuat semenarik mungkin dengan berbagai dekorasi pada bagian tepi bingkai foto.

Untuk membuat bingkai foto dari kardus bekas yang menarik, tentunya kalian harus ikuti tips membuat bingkai foto ini sehingga kalian bisa membuatnya dengan mudah.

Apa Itu Bingkai Foto? 

Bingkai foto atau bingkai foto sering disebut sebagai Pigura adalah sebuah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan. Bentuk bingkai biasanya Persegi, Bulat atau Persegi panjang.

Tujuan membuat bingkai foto merupakan untuk mempercantik foto yang nantinya dilapisi dibagian tepi foto dengan dekorasi yang sederhana tapi menarik sehingga sebuah foto dianggap sebagai sesuatu yang manarik untuk dipandang.

Pada umumnya, bingkai foto terbuat dari kayu atau logam serta selembar cara untuk melindungi tampilan lanskap dari foto. Selain itu bingkai foto ini juga bisa dibuat dengan bahan bekas seperti kardus, triplek,koran dll.

Manfaat Membuat Bingkai Foto

Fungsi dari bingkai foto diantaranya sebagai tempat menyimpan foto agar tidak rusak dan lebih indah dipandang. Lalu, bingkai foto juga untuk membuat foto lebih indah.

Umumnya, dari bingkai foto ini bisa dibuat untuk manfaat bingkai foto adalah:
1. Untuk meletakan foto di dinding
2. Untuk meletakan foto dimeja
3. Untuk membuat foto lebih indah dipandang
4. Untuk sebagai benda hias

Dari keempat manfaat ini, bisa kita simpulkan bahwa membuat bingkai foto adalah sesuatu yang penting untuk dekorasi rumah.

Cara Membuat Bingkai Foto Dengan Mudah

Jika teman-teman sudah mengenal apa itu bingkai foto dan manfaatnya, selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana cara membuat bingkai foto dari beberapa jenis. Mulai dari kayu, triplek, kardus bekas, karton, dan kulit buku.

Buat kalian yang masih bingun dalam membuat bingkai foto dari bahan sederhana, berikut viagramedb.com telah merangkun beberapa cara untuk membuat bingkai foto yang menarik dan sudah pasti mudah dong.

1. Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kardus Bekas



Untuk membuat bingkai foto dari kardus bekas, berikut adalah tips atau langkah-langkah membuat bingkai foto dengan mudah:

Alat dan bahan:

  • Gunting
  • Pisau atau cutter
  • Kardus bekas
  • Penggaris
  • Pensil
  • Hiasan

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan dalam membuat bingkai foto dari kardus bekas, berikut langkah-langkah memotongnya:

  1. Langkah pertama cara membuat bingkai foto dari kardus bekas adalah potonglah kardus dengan ukuran lebih besar dari foto yang akan kamu pajang. 
  2. Setelah dua lembar kardus di potong, lubangi bagian tengah salah satu lembar kardus yang seukuran dengan foto sebagai tempat fotomu. 
  3. Sebelum melubangi bagian tengah bingkai, sebaiknya kamu membuat batasan potongan lebih rapi. Caranya, beri garis pada bagian yang akan dilubangi dengan pensil dan penggaris, kemudian buat juga garis di bagian depan dan belakang kardus, lalu potong.
  4. Tahap berikutnya cara membuat bingkai dari kardus adalah hiaslah lembaran-lembaran kardus tersebut agar terlihat cantik. Sebagai contoh, kamu bisa menempelkan kain dengan motif renda di bagian sisi bingkai.
  5. Kalau sudah di hias, rekatkanlah bagian depan dan bingkai belakang menggunakan lem. Rekatkanlah semua sisi, tapi kamu harus membiarkan satu sisi terbuka sebagai tempat memasukkan dan mengeluarkan foto. 
  6. Cara membuat bingkai foto selanjutnya adalah membuat penyangganya agar bingkai foto bisa berdiri dan dipajang di meja. Caranya, potonglah kardus menyerupai dasi dan rekatkanlah ujung potongan pada bagian belakang bingkai. 
  7. Sampai ditahap ini kamu sudah bisa membuat bingkai foto dengan sendiri.

Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? mohon beri pendapat kalian di kolom komentar ya guys.

Selanjutnya kita akan masuk pada tahap cara membuat bingkai foto dari koran.

2. Cara Membuat Bingkai Foto dari Koran Bekas dan Sedotan



Cara membuat bingkai foto berikutnya adalah dengan menggunakan bahas bekas seperti kardus bekas dan sedotan untuk mempercantik penampilan dari dekorasi bingkai foto tersebut.

Untuk membuatnya, kamu perlu siapkan alat dan bahan berikut ini:

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:
  • Kardus
  • Sedotan
  • Penggaris
  • Cutter atau pisau
  • Gunting
  • Lem
  • Hiasan pernak-pernik
Jika bahan yang diperlukan dalam membuat bingkai dari kardus bekas dan sedotan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Tahap pertama cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan adalah menyiapkan 6 sedotan panjang, lalu ambil sedotan lainnya dan potong dengan gunting sesuai lebar bingkai kayu bagian atas dan bawah.
  2. Tempelkan 3 sedotan panjang pada bagian kanan dan 3 di kiri menggunakan lem, lalu tempelkan sedotan yang telah dipotong-potong ke bagian atas dan bawah dengan posisi berdiri.
  3. Selanjutnya, gunting kardus hingga membentuk persegi panjang dengan ukuran 12×4 cm dan gunting pada bagian ujung sedotan, lalu ambil foto yang akan di bingkai.
  4. Cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan berikutnya adalah oleskan lem kertas pada foto, lalu oleskan lem tembak pada bagian atas kardus kemudian tempelkan sedotan pada olesan lem yang sudah kamu buat tadi.
  5. Bingkai foto hasil buatanmu siap di pajang di tembok kesayanganmu. Bagaimana? Gampang kan?
Nah itulah langkah dimana membuat bingkai foto dari kardus bekas dan sedotan bekas, semoga ini memberikan referensi buat kalian ya guys.

3. Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kayu 



Jika kamu punya kayu seperti papan yang tidak digunakan dirumah, sangat disayangkan bila tidak difungsikan dengan baik. Dari pada membiarkan lapu di luar rumah, mending fungsikan untuk buat bingkai foto untuk dekorasi ruangan.

Untuk membuat bingkai foto dari kayu, caranya cukup mudah dilakukan sehingga ini tidak membutuhkan biaya yang lebih dalam membuat bingkai foto yang menarik dan tentunya dalam membuat bingakai foto pun sangat mudah ya guys.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:
  • Kayu
  • Alas foto/Mat 
  • Amplas kayu
  • Lem kayu
  • Paku 
  • Gergaji dan cutter
  • Cat minyak dan kuas
Jika bahan sudah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah membuat bingkai foto dari kayu:

  1. Pertama, pastikan kamu telah memilih lokasi penempatan bingkai foto agar kamu dapat menyesuaikan ukuran bingkai dan foto yang akan digunakan. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan konsep atau ide yang sesuai dengan komposisi dekorasi rumahmu. Misalnya, kamu dapat menyelaraskan warna kayu mahogany agar cocok dengan nuansa ruangan minimalis berwarna putih. 
  2. Ukurlah alas foto dengan foto yang ingin digunakan. Untuk membuat tampilan foto yang lebih elegan, kamu dapat melebihkan alas sekitar 3 hingga 4 cm dari jarak penempatan foto. Kemudian, kamu dapat menandai ukuran sisi alas foto untuk mempermudah pengukuran bingkai kayu.
  3. Setelah melakukan pengukuran dan konsep, kamu dapat mulai memotong kayu dengan membentuk pola persegi panjang. Jangan lupa untuk sejajarkan antar sisi agar tetap rata ya. Susun potongan kayu dan rekatkan dengan alas foto/mat menggunakan  lem kayu. Setelah itu, kamu cukup menunggu hingga lem kering sebelum beralih ke tahapan selanjutnya!
  4. Supaya susunan dapat menyatu dengan rapi dan kokoh, kamu dapat memaku tepi kayu dan triplek pada lapisan belakangnya. Pastikan kamu berhati-hati saat memukul paku ya!
  5. Jika bingkai yang sudah terpasang sempurna, langkah selanjutnya adalah menghaluskan lapisan kayu yang masih kasar dengan menggunakan amplas. Untuk sentuhan terakhir, kamu juga bisa mewarnai bingkai kamu dengan warna favoritmu.
  6. Jika sudah puas dengan hasil karya kamu, voila! Bingkai foto kayu kini sudah siap dipajang cantik di ruanganmu.
Sampai disini kamu sudah berhasil membuat bingkai foto dari kayu yang menarik, sehingga hasil kerjanya bisa ditempatkan seperti dinding ruang tamu, manaruh diatas meja, bisa juga tempatkan di kamar pribadi dll.

Intinya bisa disesukan dengan keinginan masing-masing agar ruangan rumah kalian menarik untuk dipandang ketika dekorasi ruangan dengan bingkai foto tersebut.

4. Cara Membuat Bingkai Foto dari Triplek


Membuat Bingkai Foto dari Triplek


Untuk membuat dinding semakin terlihat menarik, Anda dapat menggunakan bingkai dari bahan triplek. Pembuatan bingkai dari triplek ini dapat Anda lakukan sendiri sebagai salah satu kegiatan ide kreatif. Sudah banyak tutorial yang memberi tahu tahapan pembuatan bingkai dengan bahan baku triplek ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
  • Tripleks
  • Lem kayu
  • Cat kayu
  • Pemotong kayu
  • Kuas untuk aplikasi cat
  • Alat tulis dan penggaris
  • BioCide Insecticide 
  • Air
  • Kain lap
Langkah-langkah membuat bingkai foto dari triplek sebagai berikut:
  1. Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan di tempat di mana Anda akan membuat bingkai ini.Sebaiknya pilih ruangan yang memiliki ventilasi baik dengan pencahayaan yang juga baik. Sebab, Anda akan menggunakan bahan-bahan yang butuh udara yang tidak terlalu lembab.
  2. Pertama-tama tentukan ukuran bingkai. Tentukan berdasarkan foto atau lukisan yang hendak dipajang. Misalnya ukuran fotonya 25 x 30 cm, maka potongan tripleks harus bisa memenuhi luas 25 x 30 cm. Untuk lebar bingkainya, bisa 2 atau 3 cm atau lainnya sesuai selera. Contohnya Anda ingin bingkai yang lebarnya 2 cm. Maka ukuran tripleks yang diperlukan adalah 2 cm x 25 cm sebanyak 2 buah, dan 2 cm x 26 cm sebanyak 2 buah (26 cm karena sisi sampingnya sudah ditempati oleh potongan 2 x 25 cm).
  3. Potong tripleks dengan kedua ukuran tersebut. Gunakan lebih dari 1 lapis tripleks karena bila hanya digunakan 1 tripleks, bingkai akan terlampau tipis. Setidaknya, pakai 3 sampai 5 potong untuk 1 sisi.
  4. Siapkan papan tripleks berukuran 29 x34 cm.
  5. Amplas sisi-sisi tripleks supaya halus.
  6. Rekatkan tripleks sesuai desain pada papan. Gunakan lem Crossbond X3. Lakukan pengeleman secara hati-hati supaya tidak menyebabkan banyak noda lem.
  7. Selesaikan semua perekatan. Biarkan dulu bingkai sampai kering.
  8. Setelah kering, amplas bingkai untuk dihaluskan sekaligus menghilangkan noda lem.
  9. Siapkan larutan BioCide Insecticide sedikit saja.
  10. Oleskan dengan kuas pada permukaan bingkai. Jangan lupa, gunakan alat pengaman mulai dari sarung tangan, kacamata pelindung, hingga masker, dan lainnya.
  11. Diamkan. Sembari itu, bersihkan kuas.
  12. Aplikasikan cat untuk finishing. Tripleks meskipun merupakan kayu olahan masih memiliki pola serat alami kayu. Jadi kalau Anda ingin menonjolkan pola serat ini, pilih cat natural color. Misalnya cat warna jati, mahoni, walnut, dan lainnya. Tapi bila Anda ingin frame berwarna pastel, maka pilih cat solid color.
  13. Diamkan. Selesai!
Sampai disini kamu sudah membuat bingkai foto dari triplek, bagaimana menurut kalian. Cukup mudah, bukan?

5. Cara Membuat Bingkai Foto dari Triplek dan Kain

Membuat Bingkai Foto dari Triplek dan Kain


Untuk membuat bingkai foto dari triplek dan kain. Pembuatan bingkai dari triplek ini dapat Anda lakukan sendiri sebagai salah satu kegiatan ide kreatif. 

Perbedaan membuat bingkai foto dari triplek tiatas ini dan yang cara membua triplek yang bermotif kain ini hanya ada bahan penambahan yaitu  kain.

Kain ini tujuannya untuk mempercantik dekorasi bagian luar tepian bingkai fotonya, selain itu untuk memberikan warna khusus yang akan menyatu dengan bingkainya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

Tripleks
Kain
Lem kayu
Cat kayu
Pemotong kayu
Kuas untuk aplikasi cat
Alat tulis dan penggaris
BioCide Insecticide 
Air
Kain lap

Langkah-Langkah membuat bingkai foto dari triplek dan kain:

  • Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan di tempat di mana Anda akan membuat bingkai ini.Sebaiknya pilih ruangan yang memiliki ventilasi baik dengan pencahayaan yang juga baik. Sebab, Anda akan menggunakan bahan-bahan yang butuh udara yang tidak terlalu lembab.
  • Pertama-tama tentukan ukuran bingkai. Tentukan berdasarkan foto atau lukisan yang hendak dipajang. Misalnya ukuran fotonya 25 x 30 cm, maka potongan tripleks harus bisa memenuhi luas 25 x 30 cm. Untuk lebar bingkainya, bisa 2 atau 3 cm atau lainnya sesuai selera. Contohnya Anda ingin bingkai yang lebarnya 2 cm. Maka ukuran tripleks yang diperlukan adalah 2 cm x 25 cm sebanyak 2 buah, dan 2 cm x 26 cm sebanyak 2 buah (26 cm karena sisi sampingnya sudah ditempati oleh potongan 2 x 25 cm).
  • Potong tripleks dengan kedua ukuran tersebut. Gunakan lebih dari 1 lapis tripleks karena bila hanya digunakan 1 tripleks, bingkai akan terlampau tipis. Setidaknya, pakai 3 sampai 5 potong untuk 1 sisi.
  • Siapkan papan tripleks berukuran 29 x34 cm.
  • Amplas sisi-sisi tripleks supaya halus.
  • Rekatkan tripleks sesuai desain pada papan. Gunakan lem Crossbond X3. Lakukan pengeleman secara hati-hati supaya tidak menyebabkan banyak noda lem.
  • Selesaikan semua perekatan. Biarkan dulu bingkai sampai kering.
  • Setelah kering, amplas bingkai untuk dihaluskan sekaligus menghilangkan noda lem.
  • Siapkan larutan BioCide Insecticide sedikit saja.
  • Oleskan dengan kuas pada permukaan bingkai. Jangan lupa, gunakan alat pengaman mulai dari sarung tangan, kacamata pelindung, hingga masker, dan lainnya.
  • Diamkan. Sembari itu, bersihkan kuas.
  • Aplikasikan cat untuk finishing. Tripleks meskipun merupakan kayu olahan masih memiliki pola serat alami kayu. Jadi kalau Anda ingin menonjolkan pola serat ini, pilih cat natural color. Misalnya cat warna jati, mahoni, walnut, dan lainnya. Tapi bila Anda ingin frame berwarna pastel, maka pilih cat solid color.
  • Diamkan.
  • Terakhir, anda dapat lapisi dengan kain yang sudah disiapkan sebelumnya, usahakan kain yang motif bunga sehingga menarik untuk dilihat
Sampai disini, kalian sudah berhasil membuat bingkai foto yang menarik dan kren tentunya, selanjutnya kalian bisa tempatkan sesuai dengan keinginan masing-masing ya guys.

6. Cara Membuat Bingkai Foto Dari Stik Es Krim

Membuat Bingkai Foto Dari Stik Es Krim

Apakah kamu sering beli Es Krim? jika ia, sebaiknya untuk stiknya tidak usah dibuang ya. Karena stik Es Krim ini bisa digunakan untuk membuat bingkai foto yang menarik ya guys. Makanya kalau kalian membeli Es Krim, Stiknya kalian fungsikan untuk membuat bingkai foto.

Bahkan Stik Es Krim ini bisa dijadikan permainan si kecil untuk mengasah bakat yang dimilikinya terutama dalam mengasah kreativitas si kecil. 

Nah untuk membuat bingkai foto dari Stik Es Krim ini, kalian cukup ikuti langkah-langkah berikut ini ya guys.

Alat dan bahan yang Dibutuhkan dalam Membuat bingkai foto dari Stik Es Krim:

Untuk membuat sebuah bingkai foto yang unik dan menarik dari stik es krim yang tidak lagi digunakan, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
  • Satu buah lem tembak
  • Satu buah kuas ukuran kecil
  • Satu buah gunting
  • Stik es krim sekitar 20 buah
  • Satu buah gambar foto
  • Beberapa hiasan bisa manik-manik
  • Dua buah cat warna dengan warna sesuka Anda
  • Satu buah kertas karton
Berikut ini merupakan langkah-langkah merangkai bingkai foto agar terlihat menarik dan tentunya kren:

  1. Cara yang pertama harus kamu lakukan adalah tentukan berapa panjang dan lebar ukuran frame yang ingin dibuat. Apakah kamu ingin membuat frame dengan ukuran 3R dengan panjang 8,9 cm x 12,7 cm atau ingin membuat 4R dengan ukuran 10,2 cm x 15,2 cm.
  2. Jika kamu sudah menentukan ukuran mana yang ingin praktekkan maka langkah selanjutnya adalah kamu perlu menyusun stik es krim menjadi bentuk persegi panjang dan untuk jumlah stik yang dibutuhkan tergantung pada ukuran frame foto yang kamu pilih.
  3. Setelah menyusun stik es krim menjadi bentuk persegi panjang maka langkah selanjutnya adalah kamu harus mengelem semua stik es krim yang sudah kamu susun dengan rapi. Setelah itu buatlah bentuk persegi panjang dari stik es krim dan inilah yang nantinya akan digunakan sebagai komponen pertama di depan bingkai fotomu, jadi pastikan bahwa kamu benar-benar menyusunnya dengan rapi.
  4. Jika kamu sudah selesai membuat  persegi panjang yang pertama maka kamu perlu  menambahkan lagi persegi panjang lainnya setidaknya ada 2 atau 3 lapis lagi sebagai frame seperti di gambar atas. Jika sudah membuat 3 susun persegi panjang dari stik es krim, Setelah itu masing-masing rekatkan dengan lem.
  5. Selanjutnya kamu perlu membuat alas bingkai caranya dengan menyusun 3 buah stik es krim dan susunlah dengan cara mendatar kemudian lem hingga kering.
  6. Jika bingkai sudah jadi maka kamu bisa menambahkan aksesoris tambahan untuk bisa mempercantik bingkai foto. Aksesoris ini bisa berupa karton yang kamu buat bunga-bunga atau bisa juga dengan menambahkan manik-manik yang unik.
  7. Jika kamu sudah menghias atau menambahkan aksesoris, maka kamu bisa memberikan cat warna untuk mewarnai stik es krim agar lebih indah lagi.
  8. Siapkanlah  foto yang sudah kamu siapkan dan masukkan ke dalam bingkai foto. Agar sambungannya lebih kuat, maka kamu bisa memberikan lem tembak pada setiap sudut-sudut foto agar sekiranya foto benar-benar tertempel ke dalam bingkai.


7. Cara Membuat Bingkai Foto dari Bubur Koran Bekas

Membuat Bingkai Foto dari Bubur Koran Bekas


Wah, akan sangat menyenangkan sekali bukan jika kita bisa turut membantu lingkungan dengan memanfaatkan koran bekas menjadi sebuah kerajinan tangan yang indah? Nah, untuk membuat sebuah bingkai foto dari bubur koran bekas, berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan di antaranya adalah :

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
  • Koran bekas sesuai kebutuhan
  • Pewarna alami
  • Air 1 liter
  • Baskom
  • Kelopak bunga yang kering
  • Kain lebar
  • Busa
  • Kertas karton yang dibuat bentuk persegi panjang dengan ukuran 4R atau 10,2 cm x 15,2 cm
  • Satu buah lem kayu
Langkah-langkah membuat sebuah bingkai dari bubur koran:

  1. Kumpulkan semua kertas koran yang memang sudah tidak lagi terpakai. Setelah terkumpul, maka sobek-sobek semua koran bekas itu dengan menggunakan gunting agar lebih mudah. Pastikan kita menyobek-nyobek kertas dengan sangat kecil-kecil karena semakin kecil ukuran koran kertas bekasnya maka pasti akan semakin cepat hancur.
  2. Siapkan baskom dan masukkan air satu liter ke dalam baskom atau secukupnya kemudian rendamlah kertas koran yang sudah dipotong-potong tadi ke dalam air baskon selama kurang lebih satu hari. Nah, semakin lama kertas koran itu direndam maka semakin kertas koran akan menghasilkan sebuah tekstur yang sangat bagus untuk dibuat bingkai.
  3. Setelah selesai direndam semalaman maka hancurkanlah kertas koran bekas dengan menggunakan tangan. Apabila dirasa kurang maksimal hancurnya maka kita juga bisa mengunakan blender untuk lebih menghancurkan koran bekas. Pastikan koran benar-benar hancur dan menjadi seperti bubur dan masukkan ke dalam baksom.
  4. Apabila kertas koran bekas sudah benar-benar menjadi bubur, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memberikan lem kayu kemudian aduklah hingga benar-benar merata. Jika sudah merata maka tunggulah setidaknya satu jam hingga bubur kertas koran bekas bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan.
  5. Masukkan pewarna sesuai dengan selera yang kamu suka untuk lebih mempercantik kerajinan tangan kita. Kamu bisa menggunakan pewarna dengan bahan alami atau bisa juga pewarna kimia.
  6. Masukkanlah cetakan frame dari kertas karton ukuran 4R yang sudah kita buat sebelumnya kemudian masukkanlah ke dalam baskom yang berisi bubur kertas koran bekas, masukkanlah dengan merata dan pelan-pelan kemudian angkatlah cetakannya dari dalam baskom.
  7. Siapkanlah kain yang benar-benar lebar dan bagus dalam menyerap air. Kain yang bagus untuk menyerap kerajinan tangan memiliki fungsi agar air pada kertas koran bekas yang sudah didaur ulang benar-benar teserap dengan maksimal.
  8. Angkat bingkai dari bubur koran bekas kemudian untuk memastikan air sudah benar-benar hilang maka usap pelan-pelan dengan busa.
  9. Jika bingkainya sudah benar-benar tidak lagi mengandung air, kemudian angkatlah bingkainya dan keringkan. Namun saat mengeringkan bingkai, pastikan tidak mengeringkan bingkai langsung terkena paparan sinar matahari langsung. Jika terkena paparan sinar matahari secara langsung hanya akan mempengaruhi warna pada kertas, jadi cukup diangin-anginkan saja. Setelah itu, kamu dapat menyetrikanya agar permukaannya menjadi halus.
Sampai ditahap ini, kamu sudah bisa membuat bingkai foto dari bubur koran bekas. Selanjutnya tempatkan bingkai foto yang terbuat dari bubur koran bekas tersebut di lingkungan sekit rumah..

Nah itu adalah cara membuat bingkai foto dari bahan bekas seperti kayu, kardus, Stik Es Krim, Triplek dll. Semoga artikel tentang cara membuat bingkai foto ini dapat memberi referensi buat kalian semua ya guys..

Jangan lupa membaca artikel kami di viagramedb.com ya guys.

( Rahani )
Maria Riska Rianda Anikidi Hai, saya Riska.Saya seorang pengembang web yang tinggal di indonesia.Saya penggemar pendidikan, teknologi, kesehatan, dan desain.Saya juga tertarik dengan pemrograman dan menulis.Anda dapat membaca blog saya dengan mengklik tombol di atas.

Post a Comment for "7+ Cara Membuat Bingkai Foto Dari Bahan Bekas"