Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Digital Marketing Kuliner yang Efektif

Tips Digital Marketing Kuliner
 

Digital Marketing Kuliner yang Efektif - Populasi orang di Indonesia ini sangat padat, jika berbicara tentang digital marketing kuliner, tentunya ini adalah sesuatu yang baru karena masyakat lebih memilih jualan wartegnya secara offline, Sehingga masyarakat masih belum paham terhadap strategi marketing kuliner itu sendiri.


Hal ini wajar saja karena masyakat juga malas-malas mencari informasi di internet. Padahal strategi pemasaran usaha makanan secara internet ini, dapat meningkatkan usaha warteg atau makanan khas yang anda jual.


Mengapa digital marketing kuliner secara online lebih efektif?


Hal ini karena saat ini ada banyak aplikasi penjualan online yang beredar di internet seperti GoFod,Bukalapak, Tokopedia, bahkan media sosial seperti facebook pun sangat bisa.


Tujuan daripada mengonlinekan usaha kuliner anda, agar anda dapat menjangkau konsumen yang tepat. Dan juga usaha kuliner anda akan dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu, usaha kuliner anda pun akan semakin berkembang


Untuk mengembangkan bisnis kuliner anda, buatlah strategi pemasaran terhadap makanan khas daerah yang dipilih. Tentunya dengan mengandalkan online ini, bisnis kuliner anda semakin maju.


Jika Anda belum paham terkait digital marketing kuliner, carilah referensi di google atau youtube. Kemudian contoh pemasaran online makanan mereka ini dapat anda jadikan referensi untuk memulai pemasaran kuliner anda. 


Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner yang Efektif

Strategi pemasaran rumah makan  dengan begitu banyak pelanggan yang memilih untuk menggunakan berbagai bentuk teknologi untuk menemukan dan memesan makanan, cara Anda melakukan strategi pemasaran rumah makan Anda juga harus berubah. Apalagi bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling diminati saat ini.


Untuk dapat bertahan dan berkembang di pasar kuliner saat ini dengan banyak pemain dan persaingan yang tinggi, Anda memerlukan strategi pemasaran jualan kuliner yang komprehensif yang juga akan memberikan dampak yang tinggi sesuai dengan pola perilaku pelanggan Anda saat ini.


Dengan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat membangun identitas merek Anda, meningkatkan kesadaran dan memperkuat jangkauan Anda, mendorong keterlibatan pelanggan Anda, dan meningkatkan pelanggan Anda dan akhirnya transaksi mereka melalui langkah-langkah berikut:


  • Daftar Platform Pencarian Restoran
  • Manfaatkan SEO
  • Formulir Tinjauan yang Baik
  • Gunakan Media Sosial
  • Pasang Iklan di Facebook & Google
  • Kerjasama dengan Ekspedisi
  • Kirim Buletin Email


Berikut ini, kami menguraikan beberapa ide dan strategi pemasaran restoran yang dapat membantu Anda menyusun rencana pemasaran restoran yang efektif yang akan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi lebih sukses!


1. Daftarkan Bisnis Anda di Platform Layanan Pencarian Restoran

Situs pencarian dan penemuan restoran serta aplikasi dan portal ulasan online seperti GoFood banyak digunakan oleh pecinta kuliner untuk menemukan restoran. Selama bertahun-tahun, platform ini telah menjadi tempat bagi pengguna online untuk menemukan dan menemukan restoran favorit mereka.


Selain layanan pencarian atau direktori restoran, ada juga platform yang fokus pada layanan pemesanan restoran dan platform yang mengumpulkan review online dari penikmat kuliner.


Dengan mendaftarkan bisnis Anda di aplikasi ini, restoran Anda akan muncul di daftar pencarian dan dapat lebih dikenal oleh orang-orang yang sebelumnya tidak mengenal usaha kuliner Anda.


Bayangkan, jika restoran Anda tidak terdaftar di salah satu portal atau aplikasi tersebut, restoran lain akan menjadi pilihan pengguna. Oleh karena itu, terapkan strategi pemasaran efektif untuk bisnis kuliner.


Jika masih bingun dengan strategi marketing kuliner, berikut ini langkah-langkah menemukan aplikasi kuliner yang bisa anda manfaatkan.


1. Cari tau dimana Anda bisa jual, seperti facebook, bukalapak, tokopedia dll
2. Jika sudah menemukan, buat akun di marketpalce tersebut
3. Selanjutnya, posting beberapa foto masakan Anda di akun facebook maupun lainnya
4. Berikan detail keterangan yang lengkap seperti, menu makanan, alamat, serta harga
5. Promosikan postingan tersebut di akun media sosial lainnya.


2. Manfaatkan SEO untuk Menjangkau Pelanggan

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas situs atau halaman web dari hasil pencarian berbayar atau organik dari mesin pencari.


Dengan kata lain, SEO berarti melakukan suatu proses berupa aktivitas tertentu pada website atau halaman web Anda sehingga ketika pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan konten website atau halaman web Anda, maka website atau halaman Anda akan muncul di awal. halaman daftar. hasil pencarian kata kunci.


SEO ini jelas merupakan salah satu strategi pemasaran yang layak dipertimbangkan untuk restoran Anda. Kata kunci atau kata kunci seperti 'restoran di dekat saya' atau 'restoran di dekat saya' memiliki 7.480.000 pencarian bulanan di Google.


Pastikan judul situs Anda memiliki nama merek Anda serta lokasi dan kode pos restoran Anda. 


Cantumkan juga bisnis Anda di Google Bisnisku. Pastikan alamat di situs Anda sama persis dengan informasi yang Anda kunjungi di Google atau situs agregator lainnya. Alamat harus tercantum di situs Anda (dapat ditempatkan di footer situs). Kehadiran informasi alamat dapat membantu pencarian lokal.


Pastikan juga menu Anda ada di halaman khusus, bukan hanya brosur menu dalam bentuk PDF. Di halaman itu, Anda bisa mendeskripsikan menu, bahan-bahannya, dan lainnya. Jika menu Anda cukup unik, itu akan muncul pada pencarian tertentu.


Ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO untuk situs Anda seperti dengan blogging secara teratur dan menerbitkan konten yang menarik dan memasukkannya ke dalam situs Anda.


3. Bentuk Ulasan Buruk, Anda jangan tersinggung

Tidak jarang pelanggan mengungkapkan pengalaman buruk mereka di sebuah restoran. Namun, jangan biarkan beberapa ulasan buruk tentang reputasi restoran Anda.


Ulasan buruk ini sebenarnya membutuhkan respons publik yang sopan dan cepat. Ucapkan terima kasih kepada pelanggan karena telah mengunjungi Anda, katakan bahwa Anda akan meningkatkan layanan Anda, dan jika masalahnya cukup besar, tawarkan kupon atau diskon gratis kepada pelanggan.


Juga, jangan puas dengan ulasan positif, terus tingkatkan layanan Anda dan berikan umpan balik juga karena ulasan positif orang-orang tentang restoran Anda, semakin tinggi peringkat restoran Anda di platform pencarian seperti Zomato atau Google.


4. Gunakan Media Sosial Secara Efektif

Seperti yang Anda lihat pada gambar di awal artikel ini, menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia. 


Anda dapat melihat bahwa media sosial adalah peluang besar dan pilihan strategi pemasaran bagi Anda untuk memasarkan bisnis Anda jika Anda melakukannya dengan baik.


a) Tentukan media sosial yang sesuai

Apa yang dapat Anda lakukan dengan akun media sosial bisnis Anda? Pertama, Anda harus mengidentifikasi media sosial yang sering digunakan target pasar Anda.


Oleh karena itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu siapa target pasar Anda, kemudian mengidentifikasi media sosial mana yang paling banyak digunakan. Ini akan mendukung Anda untuk fokus pada upaya Anda dan memanfaatkan sumber daya Anda dengan lebih baik.


Namun, jangan berlatih hanya di satu media sosial. Meskipun Instagram saat ini menjadi media yang sangat populer dan sering digunakan oleh banyak pebisnis kuliner di Indonesia, sebaiknya Anda juga membuat Facebook Page dan akun di Twitter untuk berbagi promosi yang sedang berlangsung. Jangan lupa untuk terus mengupdate konten di media sosial Anda.


b) Menerapkan UGC

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mempromosikan menggunakan konten buatan pengguna (UGC). Strategi ini adalah alat yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda.


UGC dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memposting ulang apa yang telah diposting pelanggan Anda ke akun restoran Anda hingga membuat kontes foto makanan restoran Anda di Instagram dan memposting ulang pemenangnya.


Menggunakan UGC dapat membuat pelanggan Anda merasa lebih terlibat dan dihargai, serta cara lain untuk membagikan ulasan bagus tentang restoran Anda.


c) Dapatkan Influencer

Anda juga dapat menarik influencer dan blogger makanan terkenal untuk membantu meningkatkan popularitas merek Anda.


Kirimi mereka makanan gratis dan mereka akan membagikan ulasan produk Anda kepada pengikut mereka. Mereka juga dapat menampilkan restoran Anda di blog atau media sosial mereka yang akan meningkatkan jumlah kesadaran akan bisnis Anda.


5. Pasang Iklan di Facebook dan Google

Iklankan restoran Anda secara online karena memungkinkan Anda menargetkan audiens yang sangat spesifik menggunakan Facebook dan Google Ads. Anda dapat memfilter (memfilter) audiens Anda secara terfokus berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya.


Terlebih lagi, dengan beriklan menggunakan Google, Anda bahkan dapat menentukan peringkat untuk kata kunci yang berisi nama-nama pesaing Anda.


Beriklan menggunakan Facebook atau Google memang membutuhkan biaya, tetapi jika dilakukan dengan benar, itu bisa menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif.


6. Kerjasama dengan Delivery Service

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan layanan pengiriman hari ini. Penghasilan Anda bisa sangat terbantu terutama karena Anda akan bisa memasarkan bisnis Anda di platform juga.


Misalnya, bayangkan jika Anda memahami GoFood yang merupakan layanan pengiriman terbesar kedua di dunia. Jutaan pengguna aplikasi akan dapat melihat restoran Anda melalui aplikasi Gojek.


Tidak hanya itu, pelanggan Anda juga bisa membayar ongkos kirim yang lebih murah menggunakan promo dari GoFood. Anda juga dapat berpartisipasi dalam memberikan promosi GoFood untuk pelanggan restoran Anda.


7. Kirim Buletin Email

Kirim email ke pelanggan Anda sebagai bagian dari rutinitas promosi restoran reguler Anda. Dapatkan alamat email dari pelanggan Anda baik melalui reservasi atau melalui cara lain dan kunjungi buletin secara teratur (tidak perlu sering-sering karena pelanggan akan merasa kesal) tentang berita terbaru dari restoran Anda seperti ketika ada menu baru atau yang sudah ada satu promosi.


Nah, jika Anda belum melakukan hal-hal untuk strategi pemasaran bisnis kuliner Anda, lakukan lebih dari itu dan buat restoran Anda dikenal dan tingkatkan penawaran Anda!


( Rahani  )

Maria Riska Rianda Anikidi Hai, saya Riska.Saya seorang pengembang web yang tinggal di indonesia.Saya penggemar pendidikan, teknologi, kesehatan, dan desain.Saya juga tertarik dengan pemrograman dan menulis.Anda dapat membaca blog saya dengan mengklik tombol di atas.

Post a Comment for "7 Tips Digital Marketing Kuliner yang Efektif"