Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dan Cara Memodifikasinya

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
 

Cara membuat tabel di Microsoft Word - Apakah kalian pernah menggunakan aplikasi Microsoft Word? Jika sudah pernah, tentu kalian paham bagaimana cara membuat tabel di ms word. Jika belum, sangat sayang sekali karena hal-hal sepeleh ini sangat dibutuhkan oleh perusahan-perusahan besar yang nantinya anda bisa mendapatkan uang dari skill tersebut.

Fungsi tabel di Microsoft Word umumnya untuk mengatur teks atau data berupa teks. Misalnya, tabel data informan di skripsi, tabel resep makanan, dan lainnya. Agak beda dengan fungsi tabel di Excel yang biasanya digunakan untuk mengolah data berupa angka dan menghitungnya dengan rumus, fungsi tabel di Word lebih sederhana.

Di Microsoft Word, kamu tidak hanya bisa membuat tabel, tapi juga bisa memodifikasi tabel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan seperti: mengubah desain, menambah baris/kolom, menghapus baris/kolom, atau menyatukan sel.

Untuk mengetahui cara membuat tabel pada Microsoft Word dan cara modifiksinya, untungnya viagramedb.com sudah merangkum beberapa cara sehingga tugas kalian hanya pelajari cara membuat tabel di Word dan berbagai cara memodifikasinya berikut ini.

Cara membuat tabel di Miceosoft Word

Membuat tabel di Microsoft Word bisa dilakukan dengan 2 cara, menggunakan Insert dan Insert Table. Fungsinya sama, tapi langkahnya sedikit berbeda.

1. Membuat tabel di Word dengan menu Insert

Pada cara pertama, kita akan membuat tabel melalui fitur insert, jadi untuk cara membuatnya tabel tugas kalian hanya membaca berikut ini sampai selesai ya guys.

1. Klik menu Insert, lalu pilih Table

2. Pilih jumlah baris dan kolom sesuai kebutuhan kamu

Kamu bisa memilih jumlah baris dan kolom untuk tabel dengan cara mengarahkan kursor ke baris dan kolom yang sesuai. Nanti akan ada keterangan jumlah baris dan kolom. Contohnya di bawah, terdiri dari 5 kolom dan 7 baris.


2. Membuat tabel di Word dengan menu Insert Table

Kalau kamu ingin membuat tabel dengan jumlah baris dan kolom yang banyak dari 10 x 8, kamu bisa menggunakan menu Insert Table. Jika menu tersebut diklik, akan muncul option box insert table seperti berikut ini:



Masukkan jumlah kolom sesuai kebutuhan, lalu klik OK. Selain itu, ada pilihan AutoFit, dengan fungsi yang berbeda:

  • Autofit to contents: ukuran kolom tabel akan otomatis mengikuti konten di dalamnya.
  • Autofit to window: ukuran tabel otomatis mengikuti lebar lembar kerja.

3. Cara memasukkan teks ke dalam tabel

Kamu juga bisa memasukkan teks ke dalam sebuah tabel tanpa harus menginputnya satu persatu. Berikut caranya: 

1. Blok tulisan yang akan dimasukkan ke dalam tabel
2. Klik menu Insert, pilih Table, lalu klik Convert Text to Table
3. Isi jumlah kolom dan baris tabel

Nanti, akan muncul option box seperti berikut ini. Biasanya, jumlah baris mengikuti jumlah baris tulisan, tapi kamu bisa mengatur jumlah kolomnya. Jika sudah, klik Ok.

4. Teks berhasil masuk ke dalam tabel

Sampai disini kita sudah belajar bagaimana cara membuat tabel pada Microsoft Word dan kita juga sudah masukan tulisan dalam tabel tersebut.

Tahap selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara memodifikasi tulisan kita agar terlihat menarik dan kita juga akan mengubah wana background agar terlihat menarik.

Cara Memodifikasi Tabel di Word

Pada tahap sebelumnya kita sudah berhasil membuat tabel pada Microsoft Word, lalu apakah kalian tau bagaimana cara modifikasinya?

Jika belum paham, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mempercantik tampilan pada tabel yang sudah dibuat sebelumnya ya guys.

1. Cara menambahkan baris/kolom pada tabel di Word



Bagaian pertama kita akan belajar menambahkan baris atau kolom pada tabel microsoft word ya guys.

Bagaimana kalau di tengah proses pengerjaan ternyata ada baris atau kolom yang kurang? Tenang, kamu bisa menambah baris atau kolom pada tabel yang sudah kamu buat, berikut caranya: 

1. Klik kanan pada salah satu sel
2. Pilih Insert

Kamu bisa memilih menu Insert yang ada di bagian atas atau bawah. Keduanya sama saja.

Ada beberapa pilihan Insert dengan fungsi yang berbeda-beda:
  • Insert Columns to the Left: menambahkan kolom di sebelah kiri sel
  • Insert Columns to the Right: menambahkan kolom di sebelah kanan sel
  • Insert Rows Above: menambahkan baris di atas sel
  • Insert Rows Below: menambahkan baris di bawah sel
  • Insert Cells: menambahkan sel baru di dalam sel
Kamu juga bisa menambahkan baris atau kolom ke dalam tabel dengan menu Layout – lalu pilih salah satu insert yang sesuai. 

Ada beberapa pilihan Insert dengan fungsi yang berbeda-beda:
  • Insert Columns to the Left: menambahkan kolom di sebelah kiri sel
  • Insert Columns to the Right: menambahkan kolom di sebelah kanan sel
  • Insert Rows Above: menambahkan baris di atas sel
  • Insert Rows Below: menambahkan baris di bawah sel
  • Insert Cells: menambahkan sel baru di dalam sel
  • Kamu juga bisa menambahkan baris atau kolom ke dalam tabel dengan menu Layout – lalu pilih salah satu insert yang sesuai


2. Cara menghapus baris/kolom pada tabel di Word

Selain menambahkan, kamu juga bisa mengurangi atau menghapus baris atau kolom di tabel yang sudah kamu buat. Berikut caranya: 

1. Ke menu Layout
2. Pilih Delete
Setelah itu, akan muncul option box seperti berikut, pilih salah satu sesuai kebutuhan:



  • Delete Cells: menghapus sel yang dipilih
  • Delete Columns: menghapus kolom yang dipilih
  • Delete Rows: menghapus baris yang dipilih
  • Delete Table: menghapus seluruh tabel
Kamu juga bisa menghapus baris/kolom dengan klik kanan di sel atau tabel, lalu pilih Delete Cells.

3. Mengubah desain tabel



Kamu bisa mengubah desain tabel agar terlihat lebih berwarna atau menarik. Caranya, klik menu Design. Setelah itu, pilih desain tabel yang kamu inginkan atau sukai.

4. Merge Table dan Split Table




Kamu bisa menggabungkan dua baris atau lebih dan dua kolom atau lebih menjadi satu dengan menggunakan Merge Cells. Caranya, blok sel yang ingin digabungkan, ke tab Layout, lalu pilih Merge Cells. Kamu juga bisa melakukannya dengan klik kanan pada tabel – Merge Cells.


Atau kamu juga bisa membagi sel dengan menggunakan Split Cells. Kamu bisa membagi sebuah sel menjadi beberapa baris dan kolom kecil di dalamnya. 

Caranya, ke tab Layout, lalu pilih Split Cells. Kamu juga bisa melakukannya dengan klik kanan – Split Cells. Nanti akan muncul option box untuk memasukkan jumlah kolom dan baris dari sel tersebut, lalu klik OK.


5. Membuat border tabel


Untuk mengatur border tabel, kamu bisa ke menu Design, maka akan muncul beberapa pilihan untuk mengatur border. Fungsi dari beberapa pilihan tersebut adalah:
  • Border Styles: untuk memilih jenis garis tabel
  • Pen color: untuk memberi warna pada garis tabel
  • Borders: untuk memilih border di tabel. Kamu bisa memilih untuk memberi border ke semua tabel, atau bagian tertentu saja sesuai kebutuhan.
  • Kamu juga bisa memilih ketebalan garis tabel border


6. Mengubah ukuran sel pada tabel

Kamu bisa mengubah ukuran sel (tinggi dan lebarnya) sesuai kebutuhan. Caranya: ke tab Layout, nanti akan ada pilihan untuk mengatur ukuran sel. Masukkan lebar dan tinggi sel di kolom yang tersedia.

Sampai disini kalian sudah belajar bagaimana cara membuat tabel dan cara modifikasinya di aplikasi Microsoft Word yang nantinya akan membantu kalian dalam dunia pekerjaan.

Dengan menguasai teknik fitur Microsoft Word ini, akan menjadi sebuah skill yang dapat diterapkan di tempat perusahan yang anda kerja. Karena sklill seperti ini, banyak perusahan yang membutuhkan untuk meningkatkan profesionalisme dalam dunia pekerjaan.

Semoga artikel tentang cara membuat tabel pada Microsoft Word ini dapat membantu kalian dalam dunia pekerjaan ya guys.

Jika kalian membutuhkan informasi terkait tips microsoft word, kalian bisa temukan di topik tips.

Jika kalian memiliki saran atau pendapat, silahkan tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar ya guys.

Rahani )